Home » , » Komponen Layar Monitor LCD Display pada Laptop

Komponen Layar Monitor LCD Display pada Laptop

Komponen Laptop - Pada posting terdahulu sudah dibahas tentang cara kerja komponen layar monitor Tabung yang biasa digunakan untuk Komputer PC/Desktop (CRT), untuk kali ini kita akan membahas tentang Layar Monitor LCD atau LCD Display, perangkat elektronik yang masih satu rangkaian pada sebuah Laptop. Kata LCD Display adalah singkatan dari Liquid Crystal Display di mana pada saat ini sudah banyak digunakan untuk menampilkan data-data pada Gadget Modern seperti Layar Handphone, Ipad, Tablet, maupun perangkat elektronik lainnya yang membutuhkan tampilan layar. Sebenarnya penggunaan sistem tampilan LCD ini sudah lama, hanya saja pada saat awal digunakan masih terbatas dalam hal warna yang ditampilkan masih bersifat monokrom atau 1 warna saja contohnya pada layar Kalkulator atau Jam digital yang kita gunakan sehari-hari. 

Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan selanjutnya berikut ini, layar monitor LCD atau Liquid crystal display adalah Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan gambar pada permukaan yang datar dengan cahaya bersinar melalui kristal cair dan filter berwarna. Bukankah kristal itu seharusnya padat. Mana mungkin kristal itu berbentuk cair? Padat dan cair merupakan dua sifat benda yang berbeda. Molekul-molekul benda padat tersebar secara teratur dan posisinya tidak berubah-ubah, sedangkan molekul-molekul zat cair letak dan posisinya tidak teratur karena dapat bergerak acak ke segala arah. 

Pada tahun 1888, seorang ahli botani, Friedrich Reinitzer, menemukan fase yang berada di tengah-tengah antara fase padat dan cair. Fase ini memiliki sifat-sifat padat dan cair secara bersama-sama. Molekul-molekulnya memiliki arah yang sama seperti sifat padat, tetapi molekul-molekul itu dapat bergerak bebas seperti pada cairan. Fase kristal cair ini berada lebih dekat dengan fase cair karena dengan sedikit penambahan temperatur (pemanasan) fasenya langsung berubah menjadi cair. Sifat ini menunjukkan sensitivitas yang tinggi terhadap temperatur. Sifat inilah yang menjadi dasar utama pemanfaatan kristal cair dalam teknologi. Berikut ini skema cara kerja Kristal Cair (Liquid Crystal) :
Liquid Crystal Display
Cara Kerja Kristal Cair Pada Layar Monitor LCD Display



 Tayangan video berikut ini menjelaskan tentang cara kerja kristal cair pada Layar Monitor LCD Display dengan tampilan titik terkecil pada layar LCD :
 

Demikian penjelasan ringkas tentang Layar Monitor LCD Display, anda bisa pelajari lebih detail tentang Layar Monitor LCD dengan memasukkan kata kunci "Cara Kerja Layar Monitor LCD" atau "How To Work LCD Display" pada mesin pencari kesayangan anda atau untuk tayangan video bisa anda cari di youtube.com semoga bermanfaat untuk anda :)

0 komentar:

Posting Komentar