Home » , , » Keyboard Sebagai Komponen Input Data Pada Laptop

Keyboard Sebagai Komponen Input Data Pada Laptop

Komponen Laptop - Seperti yang kita ketahui secara garis besar cara kerja sebuah Laptop atau komputer yaitu adanya Input data (masukan) lalu Proses data dan Output data (keluaran). Bagian dari komponen laptop untuk melakukan proses Input pada saat mengoperasikan Laptop disebut dengan Keyboard. Pada komputer desktop atau PC, Keyboard berada terpisah dengan CPU dan harus ada alat penghubung berupa kabel yang ditancapkan pada belakang CPU dengan menggunakan koneksi slot USB atau slot biasa yang juga digunakan untuk menghubungkan mouse. Seiring perkembangan teknologi alat penghubung Keyboard ini dibuat lebih simpel yaitu menggunakan koneksi sinar Infra Merah atau Bluetooth yang biasa disebut sebagai Cordless keyboard. 

Keyboard adalah sebuah papan yang berisi tombol-tombol di mana setiap tombol tersebut mempunyai fungsi input yang berbeda-beda, standar keyboard yang banyak digunakan pada komputer desktop atau laptop dikenal dengan tata letak QWERTY. Anda bisa lihat pada keyboard yang sedang anda gunakan apakah pada tombol huruf sebelah kiri atas urutan tombol hurufnya tersusun sebuah kata QWERTY? jika jawaban anda Iya, berarti Keyboard yang sedang anda gunakan saat ini menggunakan tata letak qwerty. Lalu bagaimana cara kerja Keboard ini dalam proses input data? Silakan lanjutkan membaca keterangan di bawah ini.

Penjelasan Cara kerja Keyboard adalah misalnya kita menekan tombol huruf "K" pada papan keyboard tombol “K” tersebut akan menekan sebauh per kecil, dari tekanan tersebut menyebabkan sebuah rangkaian terhubung dan hal ini membuat  hubungan dua elektrik yang menjadikannya sebuah sirkuit, pada saat tombol di lepas kembali, sirkuit tersebut juga akan lepas kembali.

Lalu data yang melewati tombol akan masuk ke subuah microprocessor selanjutnya  akan disamakan dengan data yang tersimpan di processor, data ini akan digunakan untuk mengidentifikasi huruf dalam alphabet micro prosessor ini meneruskan sinyal pada ram dan pada ram akan langsung di proses. Pada saat yang sama microprocessro keyboard mengirimkan data pada perangkat yang lainnya yaitu sebuah interrupt kontroler, hal ini menghentikan semua kegiatan yang dikerjakan komputer dan memberi perhatian pada sinyal dari keyboard lalu sinyal dikirim ke cpu selanjutnya ke chip rom bios dan kembali ke keybord kontroler setelah itu masuk pada ram dan di kirimkan pada monitor untuk menampilkan sebagai huruf "K"
tombol keyboard
Skema tombol Keyboard

Penjelasan lebih detail tentang cara kerja input data pada keyboard bisa anda saksikan pada tayangan video berikut ini :

0 komentar:

Posting Komentar