Home » , , » Fungsi dan Definisi Layar Monitor Komputer atau LCD Display Laptop

Fungsi dan Definisi Layar Monitor Komputer atau LCD Display Laptop

Keberadaan layar monitor pada komputer atau LCD Display pada Laptop sangatlah penting karena fungsi dari layar monitor pada komputer untuk menampilkan data-data yang sudah kita inputkan di komputer dalam bentuk Gambar Grafis, dan merupakan tampilan dari prosesor mengenai apa saja yang sedang kita operasikan. Tanpa adanya layar monitor ini maka kita akan kesulitan dalam pengoperasian sebuah Komputer, sehingga layar monitor ini merupakan bagian dari komponen komputer yang tidak bisa dipisahkan. Perangkat elektronik layar monitor memiliki berbagai jenis dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Pada saat ini perangkat layar monitor memiliki 2 jenis yaitu :
  1. Cathode Ray Tube (CRT) atau biasa disebut layar Monitor Tabung.
  2. Liquid Crystal Display (LCD) atau sering disebut Layar LCD / LCD Display.
Secara garis besar Layar Monitor Tabung untuk saat ini harganya di bawah Layar LCD, meskipun dahulu saat awal keluarnya produk ini relatif mahal, namun seiring perkembangan teknologi dan setelah adanya pengembangan dengan keluarnya produk Layar LCD dengan berbagai kelebihan yang dimiliki maka perangkat elektronik Layar LCD memiliki bandrol harga lebih tinggi dibanding Layar Monitor Tabung.

Kelebihan dan Kekurangan Layar Monitor Tabung (Cathode Ray Tube – CRT)
Seperti yang kita ketahui cara kerja jenis Monitor Tabung ini adalah tampilan monitornya dihasilkan dari pancaran sinar katoda (elektron) yang berkecepatan tinggi di dalam sebuah tabung yang hampa udara. Kemudian pancaran dari sinar katoda ini akan menumbuk layar yang bersifat flouroscent (berpendar ketika dikenakan cahaya). Tumbukan elektron atau katoda akan membentuk pola pada layar. Sinar katoda ini akan terus menerus secara kontinue menumbuk layar monitor sesuai dengan input yang sebelumnya telah dikonversi ke dalam satuan gelombang elektromagnetik. Sehingga terbentuklah sebuah citra Tampilan sebagaimana yang sedang kita operasikan pada saat itu.
Keuntungan menggunakan Layar Monitor Tabung (Cathode Ray Tube – CRT) ini adalah harganya yang relatif lebih murah. Namun selain memiliki keuntungan, monitor jenis CRT ini juga memiliki kekurangan yaitu penggunaan membutuhkan daya listrik cukup besar (sekitar 300-400 watt) dan menjadikan mata cepat lelah karena terkena pancaran radiasi elektromagnetik yang dipancarkan dari monitor jenis ini. Model monitor CRT ini digolongkan menjadi dua yaitu Layar Monitor Cembung dan Layar Monitor Datar (flat). Sedangkan untuk mengatasi radiasi dari jenis monitor CRT ini bisa dengan menggunakan kaca filter yang dapat mengurangi cahaya dari radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh monitor tersebut. Dengan menggunakan kaca filter ini tampilan layar monitor akan sedikit redup.
Cara Kerja Layar Monitor Tabung - CRT
Cara Kerja Layar Monitor Tabung - CRT

  Simak Cara Kerja Monitor Lebih Detai Pada Video.

0 komentar:

Posting Komentar